Penyebab Kulit Berminyak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kulit Berminyak dan Cara Mengatasinya

Advertisements

Penyebab Kulit Berminyak dan Cara Mengatasinya – Mungkin anda adalah salah satu orang yang memiliki wajah normal dan tidak berminyak. Namun, mungkin beberapa hari belakangan ini wajah anda sering berminyak terutama pada siang hari. Sebenarnya, masalah minyak pada wajah tidak hanya dihadapi oleh mereka yang memiliki jenis kulit yang memang berminyak, namun juga oleh mereka yang memiliki kulit normal.

Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan produksi minyak di wajah meningkat?

Tentu saja banyak orang yang penasaran mengapa kulit wajah mereka berminyak terutama pada siang hari, atau pada malam hari, atau pada situasi tertentu. Dan, berikut adalah jawabannya.

Faktor genetika

Saat kulit seseorang berminyak, bisa jadi penyebab utamanya adalah karena faktor keturunan. Jika anda memiliki salah seorang anggota keluarga yang memiliki kelenjar sebaceous yang lebih besar dan menghasilkan banyak minyak di wajah, kemungkinan anda juga akan memilikinya. Tahukah anda bahwa, setiap kulit yang berminyak secara genetik, sangat mungkin untuk berjerawat dan memiliki masalah dengan pori-pori yang tersumbat?

Produk perawatan kulit

Terlalu banyak menggunakan produk perawatan kulit, seperti untuk menghaluskan, agar terlihat lebih muda, untuk eksfoliasi dan lain-lain, apabila diterapkan terlalu banyak dan terlalu sering dapat menyebabkan wajah memproduksi minyak lebih banyak.

Faktor cuaca

Faktor cuaca juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa wajah seseorang berminyak. Kenaikan suhu serta kelembaban udara dapat meningkatkan produksi minyak diwajah. Hal tersebut terjadi terutama pada musim panas dan juga musim semi. Namun sebaliknya, saat udara menjadi kering di musim dingin, kulit biasanya mengalami dehidrasi. Kondisi kulit kering itulah yang menyebabkan mengapa wajah seseorang memproduksi minyak untuk menggantikan cairan yang hilang.

Penggunaan obat-obatan

Seperti yang kita tahu, bahwa hampir setiap obat dapat menyebabkan dehidrasi dan juga dapat menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit wajah.

Penggunaan produk yang salah

Jika anda salah memilih produk untuk wajah, misalnya anda menggunakan pembersih kulit berminyak saat memiliki jenis kulit kombinasi, kesalahan tersebut juga dapat mendatangkan masalah. Tidak memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit biasanya akan menyebabkan kulit kehilangan terlalu banyak minyak. Kehilangan terlalu banyak minyak akan merangsang wajah untuk memproduksi dan menghasilkan lebih banyak minyak.

Perubahan hormon

Pada wanita, perubahan hormon androgen misalnya, saat hamil, saat menstruasi, dan dan juga pada saat seorang wanita akan menghadapi menopause, kelenjar sebaceous akan meningkat dengan sangat drastis. Kondisi ini akan membuat kulit wajah berminyak.

Stres

Saat kita stress, tubuh akan memproduksi hormon androgen secara berlebihan yang dapat juga mempengaruhi produksi minyak di wajah.

Menggunakan peralatan kulit yang tidak perlu

Terkadang kita melakukan hal yang tidak perlu terhadap wajah, seperti membersihkan wajah dengan menggunakan kain untuk scrubbing, menggosok gosokkan wajah dengan menggunakan tangan secara keras sehingga menyebabkan kulit teriritasi, juga dapat menjadi salah satu alasan mengapa kulit wajah memproduksi terlalu banyak minyak.

Cara mengatasi kulit berminyak

Untuk bisa mengurangi kelebihan minyak pada wajah, anda bisa melakukan pengobatan dari luar maupun dari dalam. Untuk mengendalikan minyak agar tidak keluar secara berlebihan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan juga sayuran. Anda juga harus minum air putih dalam jumlah yang cukup, misalnya 8 hingga 9 gelas perhari.

Sedangkan untuk merawat dari luar, anda bisa menyerap kelebihan minyak di wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti lemon, masker telur, atau aloevera.