Kenali Penyebab Rambut Rontok Sebelum Melakukan Perawatan

Kenali Penyebab Rambut Rontok Sebelum Melakukan Perawatan

Apakah anda pernah melihat artis pujaan anda atau teman anda memiliki rambut panjang serta sehat dan berkilau? Mungkin hal tersebut sesekali akan membuat anda iri. Bermimpi untuk memiliki rambut panjang dan sehat sebenarnya bukanlah hal sulit yang bisa diraih apabila anda mengetahui cara merawat rambut yang tepat.

Kenali Penyebab Rambut Rontok Sebelum Melakukan Perawatan

Yang perlu anda tahu tentang pertumbuhan rambut

  • Tahukah anda bahwa manusia rata rata memiliki satu juta folikel rambut yang masing masing menghasilkan 20 rambut dalam seumur hidup.
  • Setiap helai rambut kita mengalami tiga tahap, yaitu fase anagen, fatsecret agen dan fase telogen.
  • Sekitar 90 persen dari rambut di kulit kepala kita berada pada fase pertumbuhan atau fase an agent yang biasanya memakan waktu sekitar lima tahun.
  • Selama memakai cat agen, folikel rambut menyusut. Hal ini akan terjadi sekitar 1 persen dari helai rambut dan memakan waktu sekitar 1 bulan.
  • Dan yang terakhir adalah fase telogen. Rambut akan mulai rontok dan jatuh. Hal ini akan terjadi sekitar 10 hingga 15 persen dari rambut pada periode sekitar 5 bulan.

Setiap orang memiliki pertumbuhan rambut yang bervariasi dan berbeda beda. Namun rata rata dan pada umumnya, rambut seseorang akan tumbuh sekitar 15 cm atau 6 inchi selama 1 tahun.

Setiap helai rambut memiliki siklusnya sendiri sendiri. Biasanya seseorang kehilangan 50 hingga 100 helai rambut perhari. Hal tersebut bisa terjadi pada saat anda mencuci rambut, pada saat anda menyisir dan lain lain hingga totalnya bahkan mencapai 250 helai. Namun apabila anda kehilangan lebih banyak dari itu, maka anda memiliki masalah dengan rambut rontok yang parah dan harus segera berkonsultasi.

Penyebab rambut rontok

Berikut adalah beberapa penyebab rambut rontok yang perlu anda tahu

[1] Faktor genetik

Faktor genetik adalah salah satu penyebab utama rambut rontok. Studi menunjukkan bahwa 60 persen dari orang orang yang mewarisi masalah rambut rontok akut. Dan sayangnya, tidak ada perawatan yang bisa menyembuhkan rambut rontok akibat faktor keturunan atau genetik tersebut. Namun, anda bisa anda dengan baik untuk menunda proses dan membuatnya lebih sehat serta berkilau.

[2] Makanan tidak sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat sangat penting untuk tubuh anda dan juga kulit kepala serta rambut anda. Sel sel kulit kepala kita membutuhkan makanan yang bergizi dan tepat. Banyak orang yang mengkonsumsi makanan rendah protein dan kemudian menderita kekurangan protein yang selanjutnya menyebabkan beberapa masalah pada rambut. Kekurangan vitamin, mineral serta nutrisi dapat menyebabkan rambut rontok dan penipisan rambut.

[3] Penyakit yang berkepanjangan

Rambut rontok juga bisa disebabkan karena penyakit atau sakit yang berkepanjangan. Biasanya saat seseorang sakit dalam waktu yang lama, rambut pun akan menjadi rontok. Diantara beberapa penyakit yang sering membuat rambut menjadi rontok antara lain, typus, infeksi jamur pada kulit kepala atau biasa kita kenal dengan nama kurap dan beberapa masalah dan penyakit lainnya.

[4] Stres

Gaya hidup modern saat ini yang selalu penuh dengan tekanan membuat seseorang sering kali berada di bawah stres. Sel sel kulit kepala kita seperti halnya sel sel di tubuh yang lainnya perlu melakukan relaksasi dan peremajaan. Oleh sebab itu melakukan berbagai manajemen stres dapat mengurangi efek rontok pada rambut. Cobalah melakukan hal-hal yang menyenangkan dan jauh dari kejenuhan.

Check Also

Membuat Rambut Tumbuh

7 Trik Sederhana Membuat Rambut Tumbuh Lebih Cepat

Saat anda memotong rambut, terkadang anda sering berpikir untuk bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat …