4 Cara Menghitung BEP Usaha Kecil Yang Paling Mudah

Begini Cara Menghitung BEP Usaha Kecil Yang Paling Mudah

Begini Cara Menghitung BEP Usaha Kecil Yang Paling Mudah

Hidup di era modern seperti saat ini memiliki usaha sendiri tanpa harus mengekor di sebuah perusahaan adalah keuntungan yang tepat. Ketika anda harus bekerja dengan perusahaan atau orang lain pastinya anda memiliki tekanan akan aturan kerja. Terkadang aturan kerja tersebut membuat anda semakin berat dan bahkan tidak nyaman. 

Kalau anda memutuskan untuk membuka usaha sendiri pastinya anda bisa mengatur sendiri usaha anda. Selain itu kalau anda memiliki kemampuan dalam mengelola pastinya keuntungannya akan lebih menjanjikan. Anda juga tidak perlu khawatir kalau harus terkena PHK karena yang menjadi bos adalah diri anda sendiri. 

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara menghitung BEP usaha kecil. Tujuannya menghitung Break Even Point agar usaha anda bisa berjalan dengan baik dan bisa berkembang lebih cepat. Namun bagaimana cara menghitung BEP?

Mengenal Break Even Point (BEP) Untuk Usaha Kecil 

Bagi anda yang masih awam dengan Break Even Point maka anda bisa lebih jelas ketika menyimak penjelasan ini sampai selesai. Jadi BEP merupakan suatu keadaan dimana antara penjualan dan pengeluaran sama. Hal ini bertujuan agar bisa mencukupi biaya pengeluaran dalam bisnis. 

Bagi anda para pelaku usaha kecil, menengah, dan keatas memang sangat dibutuhkan perhitungan BEP. Perhitungan ini akan membuat anda tidak sampai mengalami yang namanya kerugian. Mengingat anda sudah tahu antara pendapatan dan pengeluaran semuanya seimbang. 

Kalau dulu dalam pelajaran ekonomi pastinya anda sudah mengenal apa itu BEP dan cara cepat menghitungnya. Namun kalau saat ini anda sudah lupa dengan pelajaran tersebut, tidak masalah karena semuanya akan diulas disini. 

Cara menghitung bep usaha kecil ini pada dasarnya memiliki dua jenis perhitungan. Perhitungan pertama ini untuk menghitung jumlah produk yang harus dijual dan yang kedua untuk menghitung berapa jumlah penjualan yang dibutuhkan agar terjadi BEP. 

Menghitung produk yang dijual agar terjadi BEP 

Saat ini sudah banyak sekali rumus yang bisa anda terapkan untuk menghitung BEP. Salah satunya anda bisa menghitung dengan membagi total biaya tetap produk dengan harga jual per barang kemudian dikurangi biaya variabel untuk menghasilkan produk tersebut. 

BEP = biaya produksi / (harga per unit-biaya variabel per unit)

Menghitung hasil penjualan agar terjadi BEP 

Perhitungan BEP ini yaitu membagi jumlah semua biaya produksi dengan harga jual per unit. Kemudian dikurangi dengan biaya variabel untuk per unit. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti rumus berikut : 

BEP : total biaya produksi / (harga per unit – biaya variabel per unit) x harga per unitnya

Menghitung keuntungan yang diinginkan berdasarkan analisa BEP

Selain menggunakan perhitungan 1 dan 2 anda juga bisa menghitung berapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dalam menjalankan usaha. Jadi disini anda bisa menyusun target berapa keuntungan yang  ingin anda dapatkan. Nah, dengan menggunakan perhitungan BEP ini anda bisa mengetahui target keuntungan bisnis sudah tercapai atau belum. 

Anda bisa melakukan perhitungan BEP : 

Jumlah total unit = keuntungan yang ditargetkan / (harga satuan per unit- biaya variabel per unit) + jumlah semua unit BEP. 

Itulah penjelasan mengenai cara menghitung BEP usaha kecil agar bisnis anda bisa berkembang dengan baik. Anda lebih pintar dalam mengelola keuangan dan menerapkan strategi-strategi bisnis yang tepat agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Semoga dengan adanya penjelasan ini anda lebih paham akan pentingnya perhitungan BEP untuk usaha kecil.