Cara Menghentikan dan Mengurangi Rambut Rontok

[quads id=5]

Kita semua bermimpi memiliki rambut yang sehat, berkilau, dan juga indah serta panjang. Tentu saja hal tersebut wajar adanya, karena rambut merupakan mahkota. Namun sayangnya, rambut rontok menjadi masalah klasik yang terus saja mengganggu. Rambut rontok bisa dikatakan sebagai salah satu masalah paling umum yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit, rambut rontok bisa menjadi pengalaman yang menyedihkan, mengingat rambut merupakan salah satu sumber keindahan yang dimiliki oleh wanita.

Menurut para ahli rambut, apabila anda melihat rambut rontok saat menyisir, saat mencuci, atau saat memegang rambut, masih dalam kondisi normal apabila anda kehilangan sekitar 100 helai rambut dalam sehari. Apabila anda kehilangan lebih banyak rambut maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai sebuah masalah rambut rontok.

Lalu apa sebenarnya penyebab rambut rontok?

Banyak alasan mengapa rambut menjadi rontok di antaranya adalah,

  • Kekurangan nutrisi penting di dalam tubuh yang didapat dari makanan,
  • Penggunaan bahan kimia secara berlebihan melalui perawatan rambut seperti styling dan lain-lain,
  • Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti junk food atau makanan-makanan instan dan juga makanan olahan,
  • Ketidakseimbangan hormon,
  • Faktor keturunan
  • Karena menggunakan obat-obatan tertentu
  • Memiliki masalah dengan penyakit yang berkepanjangan
  • Ketombe atau alopecia yang mengganggu kulit kepala
  • Stres dan tegang, atau kurang beristirahat, atau kurang berolahraga juga bisa menjadi penyebab rambut rontok.

Tips sederhana untuk mengurangi dan mencegah rambut rontok

[1] Memilih sisir

Salah satu cara untuk mengurangi agar rambut tidak rontok adalah dengan menggunakan sisir yang bergerigi jarang. Biasanya rambut yang disisir dengan menggunakan sisir bergigi jarang dapat mencegah rambut menjadi kusut dan tidak menyebabkan kerontokan.

[2] Tidak menyisir rambut basah

Metode kedua adalah dengan tidak menyisir rambut pada saat basah. Pada saat rambut basah, rambut menjadi rentan dan sangat mungkin untuk menjadi patah atau rontok. Jadi, mengeringkan rambut atau biarkan setengah kering kemudian menyisirnya adalah cara terbaik.

[3] Tidak menggosok terlalu keras

Jangan menggosok rambut dengan keras saat anda menggunakan handuk. Hal tersebut hanya akan menyebabkan rambut menjadi kusut dan rusak. Gunakan handuk secara lembut untuk mengurangi kelembaban setelah anda mandi.

[4] Sisir yang kotor

Bersihkan sisir setiap minggu. Jika anda melihat lebih teliti, biasanya sisir akan terlihat sangat kotor dari waktu ke waktu. Itulah sebabnya mengapa sisir harus dibersihkan dengan sikat, sabun, dan juga air setiap seminggu sekali. Jika anda menggunakan sisir yang kotor setiap hari untuk menyisir rambut, hal tersebut dapat menyebabkan rambut mudah rusak.

[5] Perawatan minyak hangat

Merawat rambut dengan minyak hangat adalah salah satu jawaban terbaik untuk mengatasi masalah rambut rontok. Penggunaan minyak alami sudah ada sejak jaman dahulu dan hasilnya pun tidak pernah mengecewakan. Daripada anda pergi ke salon untuk pengobatan rambut rontok yang sangat mahal harganya, cobalah menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa murni, minyak zaitun, minyak jojoba, atau minyak wijen, semua jenis minyak tersebut sangat efektif mengatasi kerontokan rambut.

Sebelum anda menerapkan minyak untuk memijat kulit kepala, pastikan bahwa minyak tersebut dalam keadaan hangat setelah dipanaskan. Lalu mulailah memijat kulit kepala dengan menggunakan jari-jari secara lembut. Setelah itu, gunakan shower cap selama satu jam. Kemudian bilas dengan menggunakan shampo ringan.