Cara Membuat Proposal Usaha Secara Umum yang TEPAT!

Pengertian, Tujuan, beserta Cara Membuat Proposal Usaha yang Harus Anda Ketahui!

Cara Membuat Proposal Usaha

Ketika membangun bisnis, Anda membutuhkan persiapan yang matang serta biaya atau modal yang cukup. Untuk itu Anda harus membuat proposal usaha untuk mencari investor yang ingin membantu mendanai usaha atau bisnis yang Anda jalankan.

Jika Anda pengusaha baru mungkin merasa bingung apa itu proposal usaha? Apa kegunaannya? Serta bagaimana cara membuatnya? Dalam artikel ini ada jawabannya

[1] Pengertian Proposal Usaha

Pengertian Proposal Usaha

Singkatnya, proposal adalah surat permohonan atau pengajuan. Proposal usaha merupakan surat pengajuan usaha yang ditulis secara sistematis oleh wirausahaan mengenai usaha baru yang akan dijalaninya. Surat ini akan diajukan kepada investor untuk membantu mendanai usahanya agar berjalan dengan baik.

[2] Tujuan Proposal Usaha

Tujuan Proposal Usaha

Ada beberapa alasan mengapa proposal usaha sangat penting untuk dibuat, khususnya bagi pengusaha pemula. Surat permohonan ini memiliki banyak tujuan proposal usaha, di antaranya seperti:

[1] Bisa dijadikan kerangka untuk membangun sebuah bisnis

[2] Bisa digunakan sebagai bahan perbandingan antara rencana yang Anda impikan sebelumnya dengan kenyataan yang sudah diraih

[3] Bisa digunakan untuk membuat strategi usaha yang tepat dengan memperhitungkan kelebihan serta kekurangannya.

[4] Bisa dijadikan sebagai pembelajaran mengembangkan usaha yang dijalankan.

[5] Bisa digunakan sebagai pengumpulan data persaingan yang ada di lapangan, mencatat berbagai risiko yang akan datang serta membantu Anda untuk menghadapi berbagai risiko tersebut.

[6] Bisa digunakan sebagai surat pengajuan pinjaman modal kepada pihak bank ketika Anda membutuhkan dana tambahan.

[7] Bisa digunakan sebagai alat transparansi perhitungan anggaran yang dikeluarkan.

[8] Bisa digunakan untuk mengajak investor bekerjasama membangun bisnis Anda.

[3] Hal yang Perlu Ada dalam Membuat Proposal Usaha

Hal yang Perlu Ada dalam Membuat Proposal Usaha

Saat ingin membuat proposal usaha, Anda tidak bisa membuatnya secara sembarangan atau asal-asalan. Mungkin Anda pernah melihat contoh proposal usaha, namun tidak tahu tekniknya dan hal apa yang perlu diperhatikan.

Susunlah proposal usaha dengan singkat, jelas dan gunakan kalimat yang tepat, agar para investor tidak menghabiskan waktu saat membacanya dan bisa mengetahui keseluruhan isi proposal hanya dengan membaca 1 halaman pertama.

Intinya investor yang membaca surat pengajuan usaha Anda harus mengetahui atau memahami gambaran bagaimana usaha tersebut dijalankan.

Adapun berikut ini beberapa hal yang harus Anda tunjukkan dalam proposal usaha, di ataranya yaitu:

[1] Cover Letter

[2] Halaman depan atau sampul

[3] Executive Summary

[4] Daftar Isi proposal

[5] Ringkasan kebutuhan atau permasalahan yang digambarkan secara umum

[6] Solusi atau strategi untuk mengatasi permasalahan

[7] Kualifikasi perusahaan

[8] Penyusunan acara

[9] Biaya

[4] Cara Membuat Proposal Usaha

Cara Membuat Proposal Usaha

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa tujuan utama dari pembuatan proposal usaha ini untuk menarik investor agar membantu mendanai perusahaan yang Anda jalankan.

Sebisa mungkin buatlah proposal usaha yang bagus serta dapat meyakinkan calon pelanggan Anda atau investor untuk memilih produk usaha Anda dibandingkan dengan perusahaan lainnya.

Adapun berikut ini beberapa cara membuat proposal usaha dengan mudah dan tepat, di antaranya yaitu:

1. Pendahuluan

Di bagian ini Anda akan sedikit menjelaskan atau menggambarkan usaha yang akan dijalankan, mulai dari latar belakang usaha, peluang usaha di masa depan, kelebihan usaha yang Anda miliki dibandingkan dengan perusahaan lain, tantangan atau permasalahan yang ada beserta solusi yang tepat.

Jangan lupa pula untuk memberitahu visi dan misi Anda dalam menjalankan usaha. Pendahuluan harus terlihat menarik untuk dibaca.

2. Profil Usaha dengan Lengkap

Langkah selanjutnya Anda harus mengenalkan usaha yang dijalankan dengan menyajikan profil lengkap usaha Anda.

Anda harus menuliskannya dengan detail untuk meyakinkan para investor mulai dari nama badan usaha, jenis usaha yang dijalankan, tempat perusahaan beserta riwayat usaha tersebut.

3. Lokasi Usaha

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat proposal usaha selanjutnya yaitu lokasi atau tempat badan usaha yang dijalankan. Pastikan Anda mencantumkan lokasi yang lengkap dan jelas, mulai dari nama Desa, Kecamatan atau Kota, provinsi hingga kode posnya.

Agar semakin jelas, Anda juga bisa menampilkan denah lokasi. Hal ini bertujuan agar pihak investor atau penerima proposal Anda merasa yakin jika badan usaha yang Anda jalankan benar-benar ada, serta bisa diketahui.

4. Struktur Organisasi Badan Usaha

Setiap badan usaha pasti pasti memiliki organisasi yang terstruktur, baik itu usaha kecil, menengah apa lagi yang sudah cukup besar.

Oleh sebab itu, bagian ini tidak boleh Anda lewatkan untuk membuat proposal usaha. Pastikan Anda menuliskan struktur organisasi dengan jelas, mulai dari pemiliknya, asisten, staf produksi, keuangan, pemasaran, admin dan lain sebagainya.

5. Produk yang Dijual

Karena Anda mengajukan surat permohonan usaha, maka Anda harus mengenalkan produk apa yang Anda jual.

Jelaskan produk perusahaan dengan lengkap, mulai dari jenisnya, spesifikasinya, bagaimana metode produksinya, apa saja kelebihannya dan bagaimana kualitas produknya.

Anda juga bisa menjelaskan kendala apa yang Anda rasakan mengenai produk ini, apakah dari bahan bakunya atau cara memproduksinya? Atau yang lainnya?

6. Target Pasar

Setiap usaha pasti memiliki target pasarnya sendiri, siapa konsumennya, dari kalangan mana, rentang waktu usia berapa sampai berapa dan lainnya. Hal ini harus ditulis untuk mendapatkan target pasar yang tepat.

7. Analisis SWOT

Apakah anda tahu apa itu analisis SWOT? SWOT terdiri dari Strength yangartinya kekuatan, Weakness yang artinya kelemahan, Opportunity yang artinya keuntunganserta Threat yang artinya ancaman.

Sehingga melalui analisis SWOT, Anda bisa mengetahui kekuatan, peluang, kelemahan, serta ancaman dalam perusahaan Anda. Setelah berhasil menganalisis SWOT perusahaan, Anda bisa merancang strategi yang tepat untuk memajukan usaha.

8. Strategi Usaha

Agar perusahaan yang Anda jalankan bisa bersaing dengan perusahaan lainnya, Anda membutuhkan strategi yang tepat.

Strategi yang tepat membuat perusahaan Anda lebih unggul. Oleh sebab itu, Anda harus mencantumkan strategi usaha untuk meyakinkan investor.

9. Promosi serta Teknik Pemasaran

Teknik pemasaran atau promosi sangat penting bagi perusahaan guna memperkenalkan produk usaha yang Anda jalankan. Tanpa promosi dan pemasaran yang tepat, Anda tidak akan mendapatkan hasil apapun dari penjualan produk.

Masukkan teknik pemasaran dalam proposal Anda, agar investor mengetahui strategi promosi Anda yang jalankan.

10. Manajemen Anggaran

Cara membuat proposal usaha selanjutnya yaitu dengan memasukkan manajemen anggaran mulai dari modal, harga jual produk serta hasil perkiraan penjualan. Tuliskan manajemen anggaran dengan nominal yang jelas.

11. Laporan Keuangan

Badan usaha yang baik adalah usaha yang memiliki laporan keuangan jelas dan baik.

Adapun laporan keuangan yang bisa Anda tulis mulai dari break-even point (BEP) serta sumber modal.

12. Bentuk Badan Usaha

Badan usaha memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari CV, perseroan terbatas (PT), perseorangan dan lainnya.

13. Penutup

Pada bagian penutup proposal usaha, Anda bisa menyimpulkannya dengan baik dan mudah dimengerti oleh investor atau pembaca. Perhatikan kalimat Anda, pastikan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta tidak melantur kemana-mana.

14. Lampiran

Setelah penutup, Anda juga menyajikan beberapa lampiran berupa dokumen pendukung usaha yang Anda miliki, seperti SIUP, akta pendirian usaha, surat izin usaha, sertifikat tanah serta beberapa dokumen lainnya. Itulah beberapa hal mengenai proposal usaha beserta cara membuat proposal usaha yang bisa Anda ketahui. Buatlah proposal usaha dengan baik agar Anda bisa menarik minat investor.

Pengertian, Tujuan, beserta Cara Membuat Proposal Usaha yang Harus Anda Ketahui!